BAB
3
PROFESI
SISTEM INFORMASI / TEKNOLOGI INFORMASI
A. PENGERTIAN
PROFESIONALISME , CIRI CIRI PROFESIONALISME , KODE ETIK PROSES
Ø PENGERTIAN
PROFESIONALISME
Profesionalisme
ialah kompetensi untuk melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dan benar juga
komitmen dari para anggota dari sebuah profesi untuk meningkatkan kemampuan
dari seorang karyawan. Dan dia juga memiliki arti sendiri yaitu seorang yang
terampil, handal dan sangat bertanggung jawab dalam menjalankan tugas.
Ø CIRI
CIRI PROFESIONALISME
1. Memiliki
kemampuan /keterampilan dalam menggunakan peralatan yang berhubungan dengan
bidang pekerjaan IT . seorang IT harus mengetahui dan mempraktekan pengetahuan
IT nya kedalam pekerjaannya
2. Memiliki
ilmu dan pengalaman dalam menganalisa suatu software atau program.
3. Bekerja
di bawah kedisiplinan
4. Mempu
bekerja sama
5. Cepat
tanggap masalah client
Ø KODE
ETIK PROFESIONALISME
1. Mendukung
pelaksanaan , dan mendorong kepatuhan , standar yang sesuai dan prosedur untuk
pemerintah yang efektif dan pengelolaan sistem informasi perusahaan dan
ateknologi , termasuk audit , control, keamanan dan manajemen risiko
2. Melakukan
tugas mereka dengan objektivitas ,dan perawatan profesioanal , sesuai dengan
standar professional.
3. Menjaga
privasi kerahasiaan informasi yang di peroleh selama keguatan mereka kecuali
pengungkapan di perlukan oleh otoritas hukum
4. Mempertahankan
kompetisi di bidangnya masing-masing dan sepakat untuk melakukan hanya kegiatan
mereka bias berharap untuk menyelesaikan dengan keterampilan yang di perlukan ,
pengetahuan dan kompetensi.
5. Menginformasiakan
pihak sesuai dari hasil pekerjaan yang di lakukan temasuk pengungkapan semua
fakta yang signifikan di ketahui mereka bahwa jika tidak di ungkapkan dapat mendistorsi pelaporan hasil
6. Mendukung
Pendidikan professional pemangku kepentingan dalan meningkatkan pemahaman
mereka tentang tata kelola dan pengelolaan sistem informasi perusahaan dan
teknologi termasuk audit control keamanan dan manajemen risiko.
B. JENIS
JENIS PROFESI DI BIDANG IT DAN DESKRIPSI KERJA PROFESI IT
Ø JENIS
JENIS PROFESI DI BIDANG IT
1.
Programmer : yang membuat suatu aplikasi
untuk client baik untuk perusahaan
ataupun perorangan
2.
IT support : pekerjaan yang mengharuskan
seseorang bias mengatasi masalah umum yang terjadi pada computer seperti
install software,perbaikan hardware,dan membuat jaringan computer.
3.
Software engineer :yang memilik keahlian
untuk memproduksi perangkat lunak mulai dari tahap awal spesifikasi sampai
pemeliharaan sistem setelah di gunakaan.
4.
Database administrator :yang memiliki
keahlian untuk mendesain, mengimplementasi memelihara dan memperbaiki database.
5.
Web administrator :yang bertanggung jawab
secara teknis terhadap operasional sebuah situs atau website.
6.
Web developer :yang memiliki keahlian
untuk memberikan konsultasi pembagunan sebuah situs dengan konsep yang telah di
tentukan.
7.
Web designer : yang memiliki keahlian
dalam membuat design atraktif dan menarik untuk situs serta untuk kepentingan
promosi situs secara visual.
8.
Network engineer : orang yang ada dalam
bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshootnya.
9.
System analyst : yang memiliki keahlian
untuk menganalisa system yang akan di implementasikan , mulai dari menganalisa
system yang ada kelebihan dan kekurangan, sampai stude kelayakan dan desain
yang akan di kembangkan.
Ø DESKRIPSI
KERJA PROFESI IT
1.
IT Programmer
o
Mengmbil bagian dalam pegembangan dan
integrase perangkat lunak.
o
Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam
pengembangan perangkat lunak.
o
Menerima permintaan user untuk
masalah-masalah yang harus di selesaikan.
o
Menyediakan dukungan dan penyelesaian
masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal.
o
Bertanggung jawab atas keputusan terkini
pelanggan.
o
Melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan
bertanggung jawab yang di minta , seperti dalam sertifikat dan menuruti rencana
dasar perusahaan untuk membangun kecakapan dalam portofolio produk.
o
Mengerjakan macam-macam tugas terkait
seperti yang di berikan.
o
Membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan
baersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan.
2. System
analyst
o
Mengumpulkan informasi untuk penganalisaan
dan evaluasi sistem yang sudah asa maupun untunk rancangan suatu sistem.
o
Riset,perencanaan ,instalasi
,konfigurasi,troubleshoot,pemeliharaan,dan upgrade sistem pengoprasian.
o
Melakukan analisis dan evaluasi terhadap
prosedur bisnis yang ada maupun yang sedang diajukan atau terhadap kendala yang
ada untuk memenuhi keperluan dan proses dari sistem yang di gunakan.
o
Mencatat dan memelihara laporan tentang
perlengkapan perangkat keras dan lunak, lisensi situs atau server,serta akses
dan security pengguna.
3. IT
projecy manager
o
Mengembangkan atau memperbarui rencana
proyek untuk proyek proyek teknologi informasi termasuk informasi seperti
tujuan proyek,teknologi,sistem spesifikasi informasi, jadwal,dana, dan staf.
o
Menyiapkan laporan status proyek dengan
mengumpulkan ,menganalisis dan meringkas informasi dan tren.
o
Menetapkan tugas,tanggung jawab,dan
rentang kewenangan kepada personil proyek.
o
Mengembangkan rencana pelaksanaan yang
mencangkup analisis seperti biaya manfaat atau laba atas investasi.
o
Secara langsung atau mengkoordinasikan
kegiatan personil proyek.
o
Menetapkan dan melaksanakan rencana
komunikasi proyek.
4. IT
Support officer
o
Menerima ,memprioritaskan dan
menyelesaikan permintaan bantuan IT.
o
Membeli hardware IT, software dan hal-hal
lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
o
Instalasi,perawatan dan penyediaan
dukungan harian baik untuk hardware dan software windows dan
macintosh,peralatan termasuk printer,scanner,hard-drives external dll.
o
Menyedikan data/ informasi yang di
butuhkan untuk pembuatan laporan department regular.
5. Network
Administrator
o
Maintan dan perawatan jaringan LAN.
o
Archive data.
o
Maintain dan perawatan computer.
6. Network
Engineer
o
Maintenance LAN dan koneksi internet
o
Maintenance hardware
o
Maintenance database dan file
o
Help desk
o
Inventory
7. Network
and computer system administrators
o
Menjaga dan mengelola jaringan computer
dan lingkungan komputasi terkait termasuk perangkat keras computer, perangkat
lunak sistem,perangkat lunak aplikasi dan semua konfigurasi.
o
Melakukan backup data dan operasi
pemulihan kerusakan.
o
Mendiagnosa,memecahkan masalah ,dan
menyelesaikan perangkat keras,perangkat lunak,atau jaringan lainnya dan masalah
sisem ,dan mengganti komponen yang rusak bila di perlukan.
o
Merencanakan mengkoordinasikan , dan
melaksanakan langkah langkah keamanan jaringan untuk melindungi data,perangkat
lunak dan perangkat keras.
8. Web
Administrator
o
Backup atau memodifikasi aplikasi dan data
yang terkait untuk menyediakan pemulihan kerusakan.
o
Menentukan sumber halaman web atau masalah
server dan mengambil tindakan untuk memperbaiki masalah tersebut.
o
Meninjau atau memperbarui konten halaman
web atau lin pada waktu yang tepat menggunkan tool-toll.
o
Memonitor sistem untuk intrusi atau
serangan denial of service dan melaporkan pelanggaran keamanan untuk personil
yang tepat.
9. Web
Developers
o
Mendesain, membangun,atau memelihara situs
web, menggunakan authoring atau Bahasa scripting ,alat penciptaan konten,alat
manajemen ,dan media digital.
o
Melakukan atau update situs web langsung.
o
Menulus,desain atau mengedit konten
halaman web atau yang lain langsung memproduksi konten.
o
Berunding dengan tim manajemen atau pengembangan
atau memprioritaskan kebutuhan,menyelesaikan konflik,mengembangkan kriteria
konten atau memilih solusi.
o
Mengidentifikasi masalah yang di temukan
oleh umpan balik pengujian atau pelanggan ,dan memperbaiki masalah masalah tau
merujuk pada personalia yang tapat untuk koreksi.
C. STANDART
PROFESI DI INDONESIA
Standar profesi IT di Indonesia belum mencangkup
seluruh profesi di bidang IT tersebut, hal ini dikarenakan standarisasi yang
diperlukan Indonesia merupakan standarisasi lengkap, dimana seluruh kemampuan
profesi IT dibidangnya harus dikuasai tanpa terkecuali. Sertifikasi berbeda
dengan ujian, lisensi ataupun registrasi. Registrasi mungkin berguna untuk
statistik, tetapi tidak praktis untuk diterapkan akan lebih bermanfaat dengan
sertifikasi. Untuk sertifikasi, inisiatif harus lahir dari sektor industri dan
untuk bidang teknologi informasi sebaiknya berfokus pada model SRIG-PS (Special
Regional Interest Group on Profesional Standardisation).
Dalam memformulasikan standard untuk Indonesia,
suatu workshop sebaiknya diselenggarakan oleh IPKIN. Partisipan workshop
tersebut adalah orang-orang dari industri, pendidikan, dan pemerintah. Workshop
ini diharapkan bisa memformulasikan deskripsi pekerjaan dari klasifikasi
pekerjaan yang belum dicakup oleh model SRIG-PS, misalnya operator. Terlebih
lagi, workshop tersebut akan menyesuaikan model SRIG-PS dengan kondisi
Indonesia dan menghasilkan model standard untuk Indonesia. Klasifikasi
pekerjaan dan deskripsi pekerjaan ini harus diperluas dan menjadi standard
kompetensi untuk profesional dalam Teknologi Informasi.
Sertikasi pada model SRIG-PS berbeda dengan badan
lain seperti IEEE. Sertifikasi pada model SRIG-PS adalah independen, obyektif,
dan tugas yang regular bagi kepentingan profesional dalam satu atau lebih area
di teknologi informasi. Sedangkan sertifikasi IEEE adalah suatu jaminan
tertulis, yang merupakan suatu demonstrasi formal yang merupakan konfirmasi dan
merupakan suatu sistem atau komponen dari suatu persyaratan tertentu dan
diterima untuk keperluan operasi. Sertifikasi ini memiliki tujuan untuk:
1.
Membentuk tenaga praktisi TI yang berkualitas
tinggi,
2.
Membentuk standar kerja TI yang tinggi,
3.
Pengembangan profesional yang berkesinambungan.
Sedangkan bagi tenaga TI profesional tersebut:
1.
Sertifikasi ini merupakan pengakuan akan
pengetahuan yang kaya (bermanfaat bagi promosi, gaji)
2.
Perencanaan karir
3.
Profesional development
4.
Meningkatkan international marketability.
D. CONTOH
CONTOH SERTIFIKASI NASIONAL DAN INTERNASIONAL
·
SERTIFIKASI SOFTWARE DAN DATABASE
DEVELOPMENT
1. Sertifikasi
nasional
Ada dua jenis
sertifikat yang diterbitkan oleh LSP Telematika, yaitu Certificate of
Competence dan Certificate of Attainment.
· Certificate of Competence.
Yaitu sertifikasi berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai
dengan yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
Certificate of Competence merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang
setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja.
· Certificate of
Attainment, yaitu sertifikasi atas unit kompetensi yang jenjang jabatannya
berdasarkan kebutuhan pasar.
2. Sertifikasi
internasioanal
Sertifikasi dalam Bahasa pemrograman
·
Java
Sun menawarkan tiga jenjang sertifikasi bagi programmer Java. Dari
tingkat dasar ke advanced jenjang tersebut adalah: Sun Certified Programmer,
Sun Certified Developer, dan Sun Certified Architect. Setiap jenjang
sertifikasi membutuhkan jenjang sebelumnya. Contoh, untuk mengambil sertifikasi
Developer Anda harus memiliki sertifikasi Programmer. Sun Certified Programmer
adalah sertifikasi paling dasar dari Sun untuk programmer Java.
Sun Certified Developer adalah anak tangga selanjutnya dari sertifikasi
Sun. Anda mungkin berpikir hanya perlu sekali lagi mengerjakan soal-soal
pilihan ganda untuk menjadi seorang Certified Dava Developer, tetapi Sun
menuntut lebih banyak dalam ujian untuk jenjang ini. Sun Certified Enterprise
Architect for J2EE adalah sertifikasi premium dari Sun.Sebagaimana dicerminkan
oleh namanya, sertifikasi ini sangat berfokus pada enterprise.
·
Microsoft.net
Untuk para developer ada dua jenis sertifikat yang ditawarkan oleh
Microsoft sebagai pengakuan atas keahlian dalam pengetahuan dan keterampilan
Microsoft .Net : Microsoft Certification Application Developer (MCAD) dan
Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).
Sertifikasi MCAD dibuat oleh Microsoft sebagai respon terhadap kebutuhan
industri akan sebuah sertifikasi yang memungkinkan mereka untuk menunjukkan
keterampilan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan, memaintain, dan
mendeploy aplikasi Web atau desktop berbasis Windows dengan skala kecil sampai
menengah.
Sertifikasi yang kedua adalah Microsoft Certified System Developer
(MCSD). Sertifikat MCSD merupakan salah satu sertifikat TI dengan reputasi yang
dikenal baik di kalangan industri. Dengan mengantongi sertifikat MCSD,
seseorang dianggap telah mampu mendemonstrasikan kemampuan yang dibutuhkan
untuk memimpin sebuah organisasi dalam proses perancangan, implementasi, dan
administrasi dari suatu solusi bisnis dengan menggunakan produk Microsoft.
Sertifikasi
dalam Database
·
Oracle
Oracle saat ini
menawarkan tiga jenis sertifikasi Oracle. Oracle Certified DBA adalah
sertifikasi yang menguji penguasaan teknologi dan solusi Oracle dalam
menjalankan peran sebagai administrator database. Pada jalur sertifikasi ini
terdapat tiga jenjang sertifikasi berikut:
·
Oracle Certified DBA Associate : dalam sertifikasi ini seseorang akan
daianggap mampu dan mempunyai keahlian dalam tim sebagai anggota Junior sebagai
administrator database atau pengembang aplikasi. Dan materi yang diujikan
dalam uji kompetensi ini meliputi dasar – dasar SQL dan administrasi database.
·
Oracle Certified DBA Professional : sertifikasi ini adalah sertifkasi
lanjutan dari Associate, bagi para profesional yang ingin mengembangkannya dan
mendalami dalam lingkup administrasi database dan juga performance tuning, dan
dalam sertfikasi ini ditambahkan pula spesialasi manajemen datanse pada
lingkungan linux.
·
Oracle Certified DBA Master : ini adalah sertifikasi paling tinggi di
Oracle dari yang sebelumnya, dimana orang yang mengambil sertifikasi ini adalah
seorang DBA yang sudah teruji dalam menangani aplikasi dan sistem databse yang memiliki mission critical.
·
Microsoft
Microsoft menawarkan
satu jenis sertifikasi untuk penguasaan teknologi produk database andalannya,
Microsoft SQl Server. Microsoft Certified DBA adalah sertifikasi yang diberikan
sebagai pengakuan kemampuan merancang, mengimplementasi,dan melakukan administrasi database Microsoft SQl
Server.
·
SERTIFIKASI ADMINISTRATION DAN MAINTENANCE
Sertifikasi
yang di berikan sebagai bentuk pengakuan profesionalitas:
Oracle Certified DBA Associate,
Oracle Certified DBA Professional, Oracle9iAS Web Administrator, Microsoft
Certified DBA, Cisco Certified Network Associate (CCNA), CompTIA Network+,
Master CIW Administrator, WOW Certified Web Administrator Apprentice (CWAA),
System Administration Guild (SAGE).
Institusi yang menawarkan sertifikasi
untuk Administration dan Maintenance antara lain:
Oracle, Microsoft, Cisco, CompTIA,
Certified Internet Web Master (CIW), World Organization of Webmasters (WOW),
dan Information Systems Audit and Control Association (ISACA).
·
SERTIFIKASI MANAGEMEN DAN AUDIT
Sertifikasi yang diberikan
sebagai bentuk pengakuan profesionalitas di bidang Management dan Audit, antara
lain :
§
CISA
(Certified Information Systems Auditor)
§
CISM
(Certified Information Security Manager)
§
CISSP
(Certified IS Security Professional)
§
CIA
(Certified Internal Auditor)
BAB 4
TREND SISTEM INFORMASI / TEKNOLOGI INFORMASI SAAT INI
A. TREND
PRODUK PERBANKAN
Dalam dunia perbankan, perkembangan teknologi
informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan
teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa seperti :
- Adanya transaksi berupa
Transfer uang via mobile maupun via teller.
- Adanya ATM ( Auto Teller
Machine ) pengambilan uang secara cash secara 24 jam.
- Penggunaan Database di
bank – bank.
- Sinkronisasi data – data
pada Kantor Cabang dengan Kantor Pusat Bank.
Dengan adanya jaringan computer hubungan atau
komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat. Contohnya :
email, teleconference.
Sedangkan di rumah dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin silaturahmi (chatting), dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game online, sharing file. Apabila kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan. Contohnya seperti di warnet atau rumah yang memiliki banyak kamar dan terdapat setiap komputer di dalamnya.
Sedangkan di rumah dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin silaturahmi (chatting), dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game online, sharing file. Apabila kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan. Contohnya seperti di warnet atau rumah yang memiliki banyak kamar dan terdapat setiap komputer di dalamnya.
Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi
informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan
teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Seperti
halnya pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking
dan Internet Banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank
yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang
berdasarkan teknologi.
B. E-COMMERCE
,E- GOVERNMENT, E-RESOURCHES
§ E
– Commerce
e- commerce Merupakan aplikasi perdagangan yang memanfaatkan fasilitas
Internet, yang menjadikan setiap individu/ perusahaan dapat secara langsung
tersambung secara digital ke perusahaan/individu lainnya untuk melakakukan
transaksi bisnis.
terlebih dahulu harus dibangun 2 sistem yang
terintegrasi:
1. Interactive order entry and processing
Menjamin tersedianya fasilitas
bertransaksi mulai, Informasi produk dan specifikasinya (e-marketplace),
Pemesanan (Placing Order), Order Processing sampai pemenuhan Order (e-fulfillment)
2. On-line payment
Fasilitas internet yang
memungkinkan pembayaran dilakukan secara on-line antara pembeli ke Bank atau
Credit Card, setelah proses order terpenuhi persyaratannya (e- fulfillment).
Fasilitas ini menggantikan proses dagang konvensional seperti : pesan lewat Fax,
e-mail, pembayaran dengan L/C sampai monitoring kelengkapan dokumennya.
§ E
– Government
e-
government Sistem informasi pemerintahan yang berbasis web dan internet
protocol untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada warganya secara cepat
dan murah. Contoh aplikasinya meliputi : KTP, Pajak, Fiskal dan SIM on-line.
§ E
- Resourches
e- resourches Suatu
bentuk Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Pendapatan Bagi Hasil Eksplorasi
Sumber Daya Alam (SDA) yang saat ini masih diimplementasikan dibidang kelautan,
dimana Pemerintah selaku pemegang hak pengelolaan membuat situs Internet
tentang seluruh kandungan kekayaan alam, kebijakan ekploitasi, pola bagi hasil
dan tatacara pembayarannya. Pendapatan bagi hasil dengan investor yang
mengeksploitasi SDA tersebut dikelola secara on-line ke Bank.
C. SOSIAL
MEDIA
Dalam bidang ini banyak
menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang
sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger,
my space, instagram dll. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah
dapat menjalin komunikasi dengan semua user dibelahan dunia manapun.
0 komentar:
Posting Komentar