BAB
1
SEJARAH
PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI ATAU TEKNOLOGI INFORMASI
A. SEJARAH
SISTEM INFORMASI ATAU TEKNOLOGI INFORMASI
Dari sejak dahulu manusia
mulai mempertukarkan informasi sekitar 3000
tahun sebelum masehi atau jika dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu.
Cara mempertukarkan informasi itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu,
papirus atau tanah liat. Awal sejarah perkembangan sistem
informasi dimulai dari sini. Tanpa langkah yang dilakukan oleh
manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat teknologi canggih seperti komputer
dan telepon seluler. Ada empat tahapan yang dilalui dalam perkembangan
komunikasi dan informasi.
·
Periode pertama : Pra Mekanik
Pada periode ini,
komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun
3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan
pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini
Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol
milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah
digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini
menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari
papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya
hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada
bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada
penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.
·
Periode kedua : Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana
orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam
informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak
Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan
mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun
1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal.
Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin
menggantikan otak manusia dalam menghitung data.
·
Periode ketiga :
Elektromekanik
Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan
energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada
periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam
komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama
yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer
tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan
teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan
smartphone.
·
Periode keempat :
Elektronik
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun
1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun
selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan
ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal
bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya
digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang
bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia
untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew
Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama
kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi
secara massal.
B. PERKEMBANGAN
KOMPUTER
Perkembangan komputer dibagi menjadi lima generasi, tiap
generasi ditetapkan berdasarkan teknologi pengembangan yang digunakan untuk
membuat komputer tersebut
beroperasi. Dari tiap teknologi pengembangan ini menghasilkan komputer yang
lebih kecil, murah, efisien dan tangguh.
·
Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)
Tabung Vakum
Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 dengan menggunakan
tabung vakum sebagai komponen dasar. Tabung vakum adalah material yang tidak
efisien karena menghasilkan panas yang berlebihan dan juga membutuhkan daya
listrik yang besar untuk dapat bekerja.
ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) merupakan
salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan
Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi
dan berat hingga 30 ton.
Komputer generasi
pertama menggunakan bahasa mesin, yang mana merupakan bahasa pemrograman yang
paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer. Komputer generasi ini
memiliki kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu
waktu. Untuk melakukan input digunakan kartu berlubang (punched cards) dan
pita kertas .
Output yang dihasilkan adalah sebuah print-out. Meski dengan fungsi yang sangat
terbatas, namun biaya pembuatan komputer generasi ini terbilang fantastis,
yaitu sekitar satu juta dollar
·
Komputer
Generasi Kedua (1959-1965) Transistor
Teknologi transistor menjadi awal
kemunculan komputer generasi kedua, yang menggantikan peran dari tabung vakum
pada komputer generasi pertama. Perkembangan transistor melambangkan
peningkatan teknologi dimasa itu.
Bila dibandingkan dengan tabung vakum,
transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dan menghasilkan panas yang lebih
sedikit, tingkat kegagalannya juga cenderung lebih kecil bila dibandingkan
dengan komputer yang dibuat dengan tabung vakum. Sebagai hasilnya, transistor
mampu menciptakan komputer yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih murah
dibandingkan dengan komputer generasi pertama.
Pada komputer generasi ini juga mengalami
perkembangan pada bahasa pemrograman yang dimilikinya. Bahasa mesin yang
dulunya digunakan kini digantikan dengan bahasa assembly atau yang biasa juga
disebut bahasa simbolik. Hal ini berarti programmer dapat memberikan instruksi
dengan kata-kata. Disaat yang sama bahasa pemrograman tingkat tinggi juga
sedang dikembangkan seperti Common Business-Oriented
Language (CBOL) dan Formula Translator(FORTRAN).
Perubahan bahasa pemrograman ini meberikan manfaat komputasi yang lebih cepat
dan lebih akurat.
· Komputer Generasi Ketiga (1965- 1971)
Sirkuit Terintergrasi
Pada komputer generasi ketiga ini
menggunakan Integrated Circuit (ICs) menggantikan
transistor sebagai komponen komputer. Transistor pada generasi ini telah di
miniaturkan dan ditaruh pada IC, satu buah IC terdiri dari beberapa transistor,
resistor dan kapasitor.
IC pertama kali dikembangkan oleh Jack
Kilby seorang insinyur listrik yang mana kemudian dianugerahkan hadiah nobel
atas penemuannya tersebut. Bagaimana tidak, dengan penemuannya tersebut
memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan dan efiesiensi dari
sebuah komputer, serta membuat komputer di generasi ini jauh lebih kecil
dibanding sebelumnya.
Komputer di generasi ini menjadi
komputer pertama yang mana pengguna mampu berinteraksi dengan menggunakan keyboard dan
monitor dengan interface sistem operasi,
sebuah kemajuan bila dibandingkan dengan kertas berlubang.
Sebagai hasil dari pengembangan
teknologi tersebut, komputer pada waktu itu dapat dijangkau untuk publik karena
harganya yang lebih murah dan ukuran yang lebih kecil.
ini adalah generasi dimana anda berada sekarang, komputer
yang anda lihat disekeliling anda merupakan komputer dari generasi keempat,
“Microprosesor” adalah konsep utama dibalik generasi ini. Dalam satu chip,
terdiri dari ribuan transistor dan elemen sikuit lainnya yang dihubungkan
menjadi satu.
Perkembangan komputer generasi keempat
tidak terlepas dari Intel, salah satu perusahaan pembuat chip yang telah
menciptakan Intel 4004 Chip yang menjadi langkah awal pada perkembangan
teknologi komputer yang kemudian menggantikan komponen
komputer yang dulunya sebesar satu ruangan, kini
hanya sebesar kepalan tangan.
Di tahun 1971 komputer pertama buatan
IBM diciptakan yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan dan tahun 1984
Macinthos pertama kali diperkenalkan oleh Apple. Melihat peningkatan yang
terjadi pada komputer di generasi ini melahirkan ide untuk meciptakan sebuah jaringan
komputer, yang akhirnya mengarah pada perkembangan dan
kelahiran internet.
Kemajuan besar lainnya yang terjadi di generasi ini adalah diciptakannya Graphical User Interface (GUI), mouse,
dan kemajuan yang menakjubkan lainnya hingga menghasilkan komputer jinjing yang
bisa dibawa kemana-mana atau yang biasa disebut laptop.
·
Komputer
Generasi Kelima (Sekarang – Masa Depan) Kecerdasan Buatan
Komputer generasi kelima memiliki teknologi berdasarkan
kecerdasan buatan, dan hal ini masih dalam tahap pengembangan. Tujuan dari
pengembangan komputer generasi kelima ini adalah menghasilkan sebuah komputer
yang mampu merespon dengan input bahasa yang kita ucapkan dan memiliki
kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan dirinya
sendiri.
Komputer kuantum, molekuler dan nanoteknologi menjadi
kunci dari teknologi komputer generasi ini. Jadi boleh dikatakan bahwa komputer
generasi ini akan memiliki kecerdasan layakanya kecerdasan pada manusia.
C. PERANGKAT KOMPUTER
Perangkat Lunak (software)
program dasar pada komputer yang
menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.
Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan
Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi
program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
·
Sistem
Aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas
perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk
melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan
perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi
tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu
tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah
pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Perangkat keras (Hardware)
Keyboard merupakan
unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang
diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Mouse adalah salah
unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer
atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard.
Processor disebut
juga otak dari komputer semakin bagus tipe processor maka semakin mahal pula
komputer, maka processor disebut sebagai inti dari komputer. Fungsi processor
adalah untuk memproses semua kegiatan yang dilakukan komputer, yang direquest
pengguna.
Motherboard adalah
papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada
PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.Motherboard yang banyak
ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat
dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
·
RAM
RAM (Random Access
Memory) adalah memori utama komputer yang berfungsi untuk membaca dan
menuliskan data. Dengan keberadaan RAM, maka kita bisa menjalankan 2 aktifitas
sekaligus dalam sebuah komputer, yaitu menulis dan membaca data.
D. PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI ATAU
TEKNOOGI INFORMASI
Kemajuan teknologi
informasi bisa kita rasakan dari terbantunya kegiatan kita karena terbentuknya
penghematan waktu, tenaga, biaya dan lain sebagainya sehingga terjadi pula lah
peningkatan hasil dari jerih payah yang kita lakukan.
Secara umum, manfaat teknologi informasi antara lain :
- Memudahkan kita dalam memperoleh
informasi serta melakukan komunikasi,
- Terbukanya peluang bisnis yang baru,
- Adanya peningkatan kualitas serta
kuantitas pelayanan publik,
- Adanya peningkatan layanan informasi
jarak jah dalam bidang kesehatan (telemedicine),
- Terciptanya e-Learning sebagai salah
satu sarana dalam memperbaiki sistem pendidikan,
- Terciptanya lapangan pekerjaan,
- Memperkaya ilmu dan pengetahuan dalam
semua bidang termasuk dalam aspek kebudayaan,
- Terdorongnya proses demokrasi dalam
segala hal.
Manfaat teknologi
informasi begitu luas, sehingga tidak bisa dipaparkan
secara detil satu persatu, tetapi selain manfaat teknologi informasi secara
umum terdapat beberapa manfaat teknologi informasi yang bisa kita rasakan dalam
beberapa bidang seperti dalam bidang pendidikan baik untuk peserta didik maupun
untuk penyelenggara pendidikan, juga dalam bidang pemerintahan, telecenter bagi
masyarakat dan lain lain sebagainya.
BAB 2
PERKEMBANGAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK
A.
PEMAHAMAN KOMPONEN PERANGKAT KERAS
Hardware dapat
bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga
disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari
beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen
yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen
tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada
komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen
perangkat keras (hardware).
Input
Input
atau masukan berfungsi sebagai media masukan
dari luar komputer ke dalam sistem komputer hingga dapat diproses. Perangkat
Device dalam Input terdiri dari :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Joystick
4. Track
Ball
5. Light
Pen
6. OCR
Scanner
7. Image
Scanner
8. Bar
Code Reader
9. Digitizer
10. Touch
Screen
11. Video
Player
12. Kamera
13. Voice
Recognition
Proses
Proses/memproses berfungsi
sebagai mengolah data dari Input sebelumnya ( masukan ) kemudian diproses
sesuai aplikasinya dan nantinya mengeluarkan ( Output ) berupa Informasi baik
itu suara atau tampilan. Perangkat
Device dalam Proses terdiri dari :
1. Processor
2. RAM
( Random Acces Memory )
3. Motherboard
4. VGA
( Video Graphic Array )
Penyimpanan
Media penyimpanan berfungsi sebagai menyimpan berbagai
macam data-data yang nantinya data tersebut dapat disimpan dan dibaca di
komputer. Perangkat Device dalam Penyimpanan terdiri dari:
1.
Disket
2.
Hardisk
3.
Flashdisk
4.
CD-ROM
5.
Optical Disk
6.
SSD
7.
Magnetic Tape
8.
Cartridge
Output
Output/keluaran
yaitu keluaran dari hasil Pemrosesan Input yang berupa tampilan ataupun Suara. Perangkat
Device dalam Output terdiri dari :
1. Speaker
2. Printer
3. Monitor
4. Projektor
B. PEMAHAMAN
KOMPONEN PERANGKAT LUNAK
·
Evolusi perangkat lunak.
Evolusi
Perangkat Lunak dibagi menjadi 4 Era yaitu:
1.Era
Pioner: sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara lain
dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di
lubangi. (contoh: ENIAC)
2.Era
Stabil: sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan
data (yang di proses) dan mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user)
secara cepat/langsung (real time).
3.Era
Mikro: automisasi mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4.Era
Modern: tingkat kecerdasan semakin meningkat , mulai bisa mengenal suara dan
gambar. Contoh: Telephon, TV, AC
·
Klasifikasi perangkat lunak
1.
Perangkat lunak system
1.1 Bahasa
Pemrograman
Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas
mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam
format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman
1.2 Sistem
Operasi
Sistem Operasi : saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem
operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh
proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen
penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh
sistem operasi : DOS, Unix, Windows dll
2.
Perangkat lunak aplikasi
2.1 Aplikasi Office
Aplikasi office adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu
Aplikasi office adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu
2.2 Aplikasi Multimedia
Merupakan komponen-komponen yang terdapat di dalam data
processing system berupa program-program yang digunakan untuk mengontrol bekerjanya
sistem komputer multimedia
2.3 Aplikasi Internet
Perangkat
lunak system operasi yang sering digunakan antara lain :
1. Microsoft internet explore dan netscape navigator perangkat browser yang di gunakan untuk mengakses web dan aplikasi WWW.
2. Cute FTP , Go!Zila dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.
3. mIRC, Yahoo Messager atau ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.
4. Outlook express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail.
1. Microsoft internet explore dan netscape navigator perangkat browser yang di gunakan untuk mengakses web dan aplikasi WWW.
2. Cute FTP , Go!Zila dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.
3. mIRC, Yahoo Messager atau ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.
4. Outlook express adalah perangkat lunak untuk aplikasi e-mail.
0 komentar:
Posting Komentar